4 Fakta Menarik tentang Kaos Oblong

Kaos oblong yang kamu punya atau pakai punya fakta menarik. Salah satunya, dulu menggunakan kaos oblong dilarang. Kok bisa? Itu salah satu dari empat fakta menarik lainnya. Yuk kita telusuri satu persatu.

Diawali sebagai pakaian dalam

Iya kaos oblong dulunya adalah pakaian dalam. Sebelum ada kaos oblong jadi pakaian dalam, pakaian dalam orang adalah baju terusan dari atas sampai bawah. Namun ini tidak efisien. Untuk melepas dan memakai kembali butuh waktu lama. Maka desainer di akhir tahun 1890-an pun bereksperimen.

Pakaian dalam yang terusan berubah menjadi dua bagian, atasan dan bawahan. Atasannya inilah yang kemudian kau kenal dengan kaos oblong, atau di negara asalnya, Amerika, disebut dengan T-Shirt.

Dilarang memakai kaos oblong di muka umum

Kedengarannya aneh dan lucu. Tapi itu adalah salah satu undang-undang yang pernah dikeluarkan berkenaan dengan kaos oblong. Hal ini terjadi di tahun 1890 an di salah satu daerah di Amerika. Alasannya sederhana, karena kaos oblong adalah pakaian dalam. Tidak pantas menggunakan pakaian dalam di muka umum.

Nama T-Shirt

Seorang novelis, F. Scott Fitzgerald adalah orang pertama yang menamai kaos dalam dengan bahan katun ini sebagai t-shirt. T-shirt tercetak dalam bukunya yang berjudul This Side of Paradise, terbit pada tahun 1920 an.

Meski tidak ada penjelasan dengan pasti. Diduga penamaan T-shirt adalah karena bentuk kaosnya yang sekilas mirip dengan huruf T.

Dari pakaian dalam hingga media protes

Kaos oblong awal mula dikenakan para tentara angkatan laut. Setelah itu banyak orang menggunakannya. Tapi kaos oblong hanya sebatas pakaian dalam. Lalu ada perubahan besar-besaran.

Marlon Brando, seorang aktor tenar tahun 1950 an membintangi sebuah film berjudul A Street Car Named Desire. Dan kostumnya saat itu adalah T-shirt atau kaos oblong. Maka tenar jugalah kaos oblong, tidak sebagai pakaian dalam, tapi sebagai pakaian yang dipakai di luar.

Karena desainnya yang polos dan sederhana, kaos oblong berkembang tidak hanya dari segi desain tapi juga fungsi.

Tidak sekedar jadi pakaian yang melindungi badan, kaos oblong berkembang jadi media menyatakan pendapat di muka umum. Cukup dengan memberikan kata-kata dukungan atau penolakan, kaos oblong bisa jadi media yang kuat.

Itulah empat fakta menarik soal kaos oblong. Apakah menurutmu ada fakta menarik lain yang perlu ditambahkan? Isi di komentar ya. Terima kasih sudah berkunjung dan baca-baca.

Kalau mau pesan atau sekedar tanya-tanya soal kaos oblong dan kaos lainnya, silahkan kontak tim CS kami via WA di 081216111400.