Cara Menghilangkan Sablon di Kaos, Ini Langkah-Langkahnya

sablon kaos, konveksi kaos, proses pengeringan tinta

sablon kaos, konveksi kaos, proses pengeringan tinta

Cara menghilangkan sablon di kaos sebenarnya cukup mudah. Untuk yang menggunakan sablon tinta pasta karet atau rubber, ini caranya.

  1. Sediakan bola kapas atau cotton ball dan alkohol. Basahi kapas dengan alkohol.
  2. Gosokkan kapas dengan perlahan ke daerah sablon yang ingin kamu hilangkan.

Bila tidak ada alkohol, cairan aseton juga bisa kamu gunakan. Caranya sama.

Mengenal Tinta Sablon

Sekedar catatan, cara di atas untuk yang sablonnya pakai tinta pasta karet. Untuk yang pakai sablon plastisol, bahan yang kamu butuhkan berbeda.

Dalam dunia sablon, ada dua jenis tinta sablon yang selama ini dipakai. Yang pertama dikenal dengan plastisol. Yang kedua adalah tinta yang water based biasanya pakai rubber atau pasta karet.

Sebenarnya masih ada satu lagi jenis tinta sablon yakni discharge. Hanya saja, yang terakhir ini kita bahas di waktu yang lain.

Plastisol adalah tinta yang berbahan dasar PVC (apa lagi ini?). Intinya sejenis plastik yang bisa digunakan untuk mewarnai berbagai macam bahan tidak hanya kain.

Untuk memakai plastisol sebagai tinta dalam sablon kaos, butuh pemanasan agar bisa menempel sempurna. Suhu yang dibutuhkan paling tidak mencapai 180 derajat Celcius. Makanya tidak semua jasa sablon bisa mengerjakan sablon plastisol.

Untuk pasta karet atau rubber termasuk dalam water based ink (berbahan dasar yang larut air). Tinta jenis ini memberikan hasil sablon yang terasa lembut, dan tidak menyumbat serat kain. Cocok untuk bahan katun.

Baca juga: 

Bagaimana Cara Pesan Kaos agar Bisa Murah?

Cara Menghilangkan Sablon Plastisol di Kaos

Plastisol dibuat dengan bahan PVC. Oleh sebab itu dia tidak larut dalam air atau dalam alkohol. Untuk menghilangkan plastisol, bahan yang kamu butuhkan adalah larutan thinner cat.

Caranya tidak jauh beda hanya saja kamu harus berhati-hati menggunakan thinner cat. Basahi bola kapas dengan larutan thinner. Setelah itu gosok dengan perlahan sampai noda hilang. Ulangi beberapa kali bila belum hilang.

Setelah sablon hilang, segera alirkan air ke tempat sablon yang telah dibersihkan, agar sisa thinner hilang. Lalu jemur kaos.

Itu tadi cara menghilangkan sablon di kaos. Sampai jumpa di info-info selanjutnya.

referensi

  1. How to Remove Screen Printing from a Shirt: Expert Guide
  2. How to remove plastisol ink