Apa Kombinasi Warna Kaos yang Bagus? Berikut ini Panduannya

warna kombinasi kaos yang bagus

 

Warna kaos yang bagus itu seperti apa ya? Sebelum masuk soal kombinasi warna kaos, yuk kita mulai dulu dari hal yang dasar soal warna. Kita akan bicara dulu soal teori warna. Mengapa ada warna yang bisa dikombinasikan dan cocok. Sementara ada warna lain yang tidak cocok.

Color Wheel

color wheel, kombinasi warna yang bagus, komplementer
color wheel sumber Wikipedia

Kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia jadinya cakram warna. Tapi karena rasanya agak aneh, jadi kuputuskan menyebutnya color wheel saja. Color wheel ini adalah panduan untuk bisa membuat kombinasi warna yang bagus.

Secara ilmiah, kombinasi warna yang bagus membuat mata nyaman memandang. Hal ini bisa dibuktikan dengan cara sederhana. Pandangilah kertas berwarna biru dalam waktu yang lama. Setelah itu, tataplah tembok yang berwarna putih. Maka di atas warna putih itu akan muncul dengan sendirinya warna orange.

Ini diartikan bahwa mata akan nyaman memandang warna biru, bila ada warna lain yang mengikutinya. Warna ini adalah warna orange.

Warna Kaos yang Bagus itu Komplementer

Dari color wheel kamu bisa melihat warna komplementer. Warna komplementer adalah warna yang berhadapan satu sama lain. Biru berhadapan dengan orange, hijau berhadapan dengan warna merah. Dan warna kuning berhadapan dengan warna ungu.

Paling tidak dari beberapa warna ini kamu bisa mengkreasika kombinasi warna yang cocok untuk kaos. Tidak hanya warna yang berhadapan langsung, kombinasi warna komplementer juga bisa didapatkan dengan warna shade (bayangan) dan tint (pucat).

Baca Juga: 10 Merk Kaos Terkenal di Dunia

Warna Sejuk dan Hangat

Pada dasarnya, warna-warna yang ada pada color wheel terbagi menjadi dua bagian besar, warna sejuk (cool) dan warna hangat (warm). Untuk kombinasi warna, meskipun ada yang bilang bahwa warna background yang bagus warna yang sejuk, dan yang di depan adalah warna hangat, kau bisa mencoba sebaliknya.

Yuk kita lihat hasilnya bagaimana kombinasi dengan menggunakan sistem warna komplementer

Apakah tidak ada lagi kombinasi warna yang lain? Sebenarnya masih ada. Ada kombinasi dengan warna analog dan monokrom. Hanya saja pada kesempatan kali ini, kita pakai saja dulu kombinasi yang paling mudah.

Oh iya panduan ini kami ambil dari onehourtees.com.